Friday, January 2, 2009

PILIHAN DI TAHUN BARU

Tahun baru biasanya dilalui dengan membuat rencana untuk satu tahun ke depan. Apa rencana anda? Menabung untuk membeli rumah (pengalaman pribadi :P), mengejar posisi tertentu, membuka usaha sendiri, memiliki hubungan yang lebih baik dengan keluarga dan rekan? Jangan-jangan, sama seperti saya belum punya rencana? Atau tidak ingin berencana dan membiarkan semuanya mengalir? Kedua-duanya memiliki kelebihan kekurangan.

Perencanaan membuat kita fokus mengejar target
Pelaksanaan tertata, disesuaikan dengan pelaksanaan dan target yang telah disusun.
Relatif tercapai dibandingkan yang tidak terencana
Tapi kadang bikin stres, karena kejar-kejaran setiap hari
Beberapa orang lebih senang hidup dengan berlari, mengejar target karenA kepuasan yang didapat setelah target tercapai tak dapat tergantikan apapun.

Tanpa terencana membuat santai karena tidak ada target yang menunggu untuk dipenuhi
Semua kegiatan berlangsung secara spontan dan disesuaikan dengan mood (pengalaman pribadi lagi :P)
Sering melewatkan pekerjaan, dan menumpuk pada satu waktu
Tidak ada rencana, tidak ada pencapaian. Jangan heran bila orang yang terencana lebih banyak mencapai banyak hal

Terencana atau tidak disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Orang yang senang segalanya teratur, ada pencapaian, inginkan target tertentu, silahkan merencanakan semua. Tapi untuk yang suka senang-senang, bekerja sesuai mood, suka spontanitas, ingin menjalani hidup seperti air, silahkan hidup seperti air. Tak usah berencana, apa yang terjadi hari ini, hadapi hari ini.

Aku tipe orang yang di tengah-tengah dan lebih cenderung tidak terencana. Aku suka merencanakan kegiatan harian, menulis apa yang harus aku lakukan hari ini, supaya tidak lupa. Paling jauh merencanakan bulan ini ingin ngapain aja. Tapi tidak suka menulis apa rencanaku satu tahun ke depan, atau lima tahun ke depan. Untuk urusan lima tahun ke depan aku goin with the flow aja (bener ga sih ungkapannya?).

Intermezo, deskripsi suasana posting tulisan. Suamiku lagi tidur, semua lampu dimatikan. Huruf dan angka keyboard ngga kelihatan. Untung saja beberapa bulan ini aku sudah terbiasa mengetik dengan sepuluh jari tanpa melihat keyboard. Ternyata berguna juga, padahal sebelumnya dihina-hina sama suami, katanya aku kurang kerjaan (emang ya..:)) dan ngga ada gunanya . Sekarang baru deh kerasa enaknya, bisa internetan di tempat gelap.Wekeke

No comments:

Post a Comment

silahkan memberi komentar