Monday, November 29, 2010

RESENSI "PAKET KOMPLET TEMBUS TES CPNS SEMUA DEPARTEMEN PEMERINTAH"

Penyusun: Sujono Sumarjono
Cetakan : Pertama (September, 2010)
Halaman : 396


Sedang belajar buku ini. Dari sekian banyak soal-soal yang ada di internet dan di toko buku akhirnya saya memutuskan memilih yang ini. Meski ada yang gratisannya di internet tapi saya memilih yang berbayar alias membeli di toko buku. Alasannya
  1. malas mencetak kumpulan soal yang kalau ditotal sekitar 300 lembar
  2. komputer PC tempat menyimpan soal-soal CPNS lagi ngadat, sebenarnya sih bisa cari di CD back up data tahun 2009 tapi lagi-lagi males.
  3. buku ini sudah tersusun rapi, jadi tidak usah khawatir ada lembaran yang tercecer dan tidak perlu susah-susah mengatur susunannya.
  4. covernya bagus. Hehehe. Meski Leonardo Da Vinci (koreksi bila saya salah) bilang don’t judge the book from its cover tapi kenyataannya I love the book because its cover. Kombinasi warna hitam, merah, putih dan kuningnya pas banget, efek glossynya membuat buku ini terlihat lebih elegan
  5. alasan yang paling pokok adalah suami memberi izin buat beli buku ini. Dia sumber pendanaan buat beli buku ini.
Sampulnya bilang bahwa buku ini berisi paket komplit tembus tes CPNS semua depatemen pemerintah, sub judulnya tertulis segudang inti sari dan prediksi soal-soal tes CPNS dari tahun ke tahun. Ada 10 soal departemen dan masing-masing terdiri dari materi Tes Pengetahuan Umum, Tes Bahasa Indonesia, Tes Bahasa Inggris dan Tes Kompetensi Bidang.

Buku ini bagus, tapi ada yang membuat saya agak kecewa:
  1. soal-soalnya kok mirip, bahkan sama dengan soal-soal yang pernah saya unduh di internet
  2. buku kumpulan soal tembus STAN = Buku ini. Ini saya temukan secara tidak sengaja. Saya mencoba mengecek kebenaran jawaban Tes Pengetahuan Umum dengan cara mencarinya melalui mesin pencari Google. Jawaban-jawabannya saya temukan di kumpulan soal dan pembahasan tembus STAN. Jadi, bila sudah punya kumpulan soal STAN tidak usah beli buku ini.
  3. Tidak semua soal departemen ada Tes Kompetensi Bidang-nya
  4. ada beberapa soal yang tidak jelas, khususnya matematika dasar, sehingga tidak bisa dikerjakan
  5. pembahasan juga kadang kurang jelas sehingga sulit dimengerti. Tapi yang begini cuma sedikit
Meski agak kecewa, buku ini cukup membantu dalam latihan untuk Tes Bakat Skolastik yang meliputi Kemampuan Verbal, Kuantitatif, dan Penalaran; dan untuk Tes Pengetahuan Umum yang meliputi materi Ideologi, Politik Ekonomi, Sosial Budaya, Hukum dan Pertahanan.

Selain itu, buku ini dapat mengukur kemampuan kita. Mengerjakan soal sampai selesai dengn waktu yang ditentukan dapat mengukur kemampuan kita dalam suatu tes. Melihat pembahsan setelah mengerjakan tes membuat kita tahu jawaban yang benar sehingga bila lain kali ada soal yang sama atau mirip, kita bisa menajawabnya.

Saya suka buku ini karena saya suka belajar soal-soal. Saya senang dengan prosesnya, mengerjakan soal, lalu mengecek jumlah jawabannya yang benar, mempelajari pembahasan pada jawaban yang salah dan terkahir menghitung skornya. Semua kegiatan itu membuat saya bergairah, apalagi bila skor yang didapat ternyata bagus. Senangnya bukan main. Buat yang ingin beli buku ini sediain duit Rp 45.000. Buku sudah bisa dibawa pulang.

No comments:

Post a Comment

silahkan memberi komentar