Monday, February 16, 2009

mood yang plin plan

Beberapa minggu ini entah kenapa mood berubah-ubah terus. Kadang tiba-tiba semangat tapi lebih sering merasa capek, sedih, nggak bergairah. Apa iya ya, kekurangan selenium?itu lho mikronutrien yang bila tidak dipenuhi menyebabkan kita jadi tidak mood, mudah marah dan apatis. Ataukah karena serangan hormon? Hormon progesteron mempengaruhi suasana hati dan temperamen wanita. Tapi jadwal mensku masih seminggu lagi. Seharusnya minggu-minggu kemarin kadar hormonku dalam keadaan stabil, seharusnya moodku tidak berubah-ubah seperti kemarin.


Mungkin dua-duanya. Keduanya adalah cobaan, bila aku bisa mengatasinya, akan ada banyak manfaat yang bisa diambil. Kekurangan selenium bisa diatasi dengan banyak makan ikan laut yang kaya selenium, hampir semua ikan laut kaya selenium. Aku sudah memulainya.

Kalo sudah berurusan sama kadar hormon, yang bisa aku lakukan adalah membiarkannya saja dan menghindari makanan-makanan yang malah meningkatkan tekanan darah. Bayangkan saja, hormon-hormon ini sudah membuat aku marah tanpa alasan, bila ditambahkan makanan yang bikin tekanan darah naik, dapat dipastikan perang dunia pecah di rumahku. Angry all the day.

Mengalihkan marah dan bad mood sama baiknya dengan makan ikan laut dan menghindari makanan pemicu tekanan darah tinggi. Menulis, memasak (aku tidak menyangka ini efektif), membersihkan rumah, main sama anak kecil, sejauh ini bisa mengeluarkan emosi negatif, kemarahan yang terpendam dan mood yang tidak bersahabat. Pekerjaan itu merubah kemarahan dan bad mood menjadi semangat dan rasa senang. Aku belajar berdamai dengan kemarahan dan mood yang plin plan ini.

Ketika bangun pagi terasa sedih, aku berlama-lama duduk, meyakinkan bahwa hari ini anugerah, hadiah dari yang kuasa, mengingat kembali kebaikannya padaku (yang membuatku merasa beruntung, banyak sekali kebahagiaan yang Dia berikan padaku), meyakinkan diri bahwa Dia akan memberikan hadiah yang lebih banyak lagi hari ini asalkan aku menjalankan perintahnya dan melakukan yang terbaik untuk hari ini.

Tulisan ini sebenarnya adalah nasihat untukku bila suatu saat bad mood atau marah sedang tak dapat aku kendalikan.

gambar

No comments:

Post a Comment

silahkan memberi komentar