Monday, March 2, 2009

Cool Woman Hot Job

Judul Buku : Cool Woman, Hot Job
Penulis : Tina Schwagner dan Michele Schuerger


Aku pinjem buku di perpus daerah. Supaya tidak lupa aku catat poin-poin yang menurutku tidak boleh dilupakan.

Buku ini adalah teman yang pas untuk anak SMU, baik yang sudah punya cita-cita maupun yang masih bingung memikirkannya. Pas juga untuk seseorang, tak peduli berapa usianya, yang sedang menentukan karier yang benar-benar diinginkan.

Buku ini punya cerita tentang wanita hebat dan karir mereka, perjuangan meraih karier, gambaran pekerjaan, hal yang menarik tentang pekerjaanya, kesulitan dalam pekerjaan, baju kerja yang digunakan, dan hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan mereka. Tidak hanya itu, buku ini juga memberikan strategi penting untuk memilih cita-cita dan meraihnya.

Ditulis dua wanita bersahabat Tina Schwagner dan Michele Schuerger dengan bahasa yang ringan. Setiap paragrafnya dipenuhi kalimat motivasi. Mendukung anak SMU atau siapa saja untuk menentukan cita-cita dan meraihnya, meyakinkan bahwa kadang kita memang harus berganti cita-cita, menentukan langkah sedini mungkin, adalah hal yang ingin disampaikan mereka berdua.

Buku ini dipilah menjadi 2. Bagian pertama menceritakan wanita dan karirnya. Ada koreografer, wedding planner, penulis buku, pebasket profesional, dan masih banyak lagi.

Jika ingin mengetahui tetek bengek karir semua wanita, silahkan membaca keseluruhan bagian pertama. Namun, bila tak punya banyak waktu, pilih beberapa kisah karir yang menarik minat kita. Misalkan kita suka menulis, maka baca saja cerita tentang Maureen Holihan, penulis dan penerbit hebat di buku ini, atau kita ingin jadi dokter, maka baca bagian yang menggambarkan karir sang dokter.

Bagian kedua merupakan rangkuman cara menentukan cita-cita dan meraihnya.
“Masa depan ada di tangan kita”, tulis buku ini. Para wanita pada bagian pertama mempunyai kesamaan meski karier mereka berbeda. Kesamaannya, semua memiliki visi mengenai masa depan, percaya bahwa mereka mampu meraih cita-cita dan berani mengejar apa yang mereka inginkan.

Wanita-wanita itu juga mengajarkan bahwa setiap orang bisa berganti rencana, cita-cita dan impian di tengah jalan. Sekian kali berubah pikiran sebelum benar-benar menemukan apa yang kita cari adalah hal yang wajar. Inilah yang menjadikan hidup kita menarik dan menantang.

Wanita-wanita ini membuktikan bahkan impian yang paling tinggipun bisa diraih asal tahu apa yang diperlukan dan bagaimana cara mengawali perjalanan agar tetap bergerak maju, meski rintangan menghadang.

KUNCI SUKSES

Tidak peduli apapun keinginan kita, menurut buku ini, ada 5 sifat yang diperlukan yang diperlukan sebagai kunci kesuksesan. Sifat ini bukan hanya kunci meraih karir idaman, tapi juga kunci untuk menggali semua potensi yang diperlukan untuk meraih semua impian.

1. Imajinasi

Ijinkan diri kita berkhayal, buat catatan mengenai khayalan. Berjanjilah pada diri sendiri untuk mewujudkan paling tidak satu impian menjadi kenyataan.

2. Percaya Diri

Salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan diri adalah dengan mencapai keberhasilan. Ketika kita mencapai suatu tujuan atau menyelesaikan pekerjaan, hal itu akan memberi rasa PD untuk mencari dan mengatasi tantangan yang lebih sulit.
Percayalah bahwa kita bisa melakukan apa saja yang ada di pikiran kita, percayalah bahwa bakat dan keterampilan kita adalah spesial

3. Kemauan Mengambil Risiko

Ambil risiko yang sehat, yang tidak membuat kita berada dalam bahaya. Resiko tak sehat, seperti melakukan seks pranikah, mencoba drugs, berarti mempermainkan kesehatan, masa depan, dan hidup kita. Lalu bagaimana membedakan antara yang sehat dan tidak? Tanyakan pada diri sendiri konsekuensi tindakan teresebut. Apakah membahayakan diri sendiri dan orang lain atau tidak, ilegal atau bertentangan dengan moral atau tidak?Jika kita tidak siap dengan risikonya jangan ambil risiko!

Ambil risiko bila tidak membuat kita dalam bahaya. Beranikan diri, lakukan sesuatu tanpa takut gagal, jujur mengenai perasaan, keinginan dan kebutuhan kita, kejar cita-cita meski tampaknya di luar jangkauan

4. Keberanian

Belajar mengatasi ketakutan dan melakukan hal yang tepat adalah cara untuk maju sebagai manusia.

Percaya diri adalah tentang mempercayai kemampuan kita sendiri. Berani adalah mengetes rasa PD dengan bertindak saat gugup atau saat hasil akhirnya tidak pasti.

Yang bisa dilakukan untuk memupuk keberanian: awali dengan menyelesaikan tugas kecil yang tidak terlalu kita takuti lalu lanjutkan ke pekerjaan lain yang mendatangkan ketakutan sedikit lebih tinggi dan seterusnya, bangun pikiran positif dan ganti pernyataan negatif dengan pernyataan yag membesarkan hati, tetap melangkah lagi dan lagi.

5. Tekad

Tekad adalah tentang komitmen terhadap impian-impian sekalipun berhadapan dengan rintangan atau kemunduran saat kita menghadapi reaksi yang meragukan kita. Tekad akan membantu mempertahankan keyakinan dan tidak membiarkan impian terbang begitu saja

Tak ada yang membunuh impian lebih cepat daripada pandangan negatif. Pandangan negatif membuat kita meragukan kembali keputusan kita, meragukan kemampuan kita untuk berhasil dan meruntuhkan tekad. Jadi, buat diri kita dikelilingi orang-orang yang menginginkan kita berhasil, menolong dan merayakan prestasi bersama kita.

Dengan 5 kunci sukses ini kita bisa memulai langkah meraih impian

Ada 3 langkah utama yang harus ditempuh untuk meraih impian

1. Kenali Diri Sendiri

Caranya, tulis buku harian. Kita dapat melakukan apa saja tanpa aturan baku. Kita dapat menulis apa saja yang kita sukai, apa saja tentang diri kita, apa yang ingin dilakukan, menempatkan foto orang yang kita kagumi, terserah apa saja. Buku harian akan membuat kita mengenal siapa kita sebenarnya.

2. Tetapkan Tujuan
  • Tulis, menuliskan tujuan seperti membuat janji pada diri sendiri
  • Jadilah diri sendiri, tulis tujuan yang berasal dari hati kita
  • Jadikan sejelasnya, tingkat keberhasilan harus dapat diukur
  • Jangan terlalu muluk, mulai dengan langkah kecil terus-menerus sesuaikan dengan kemampuan
  • Bersikap realistis, bila gagal kaji ulang pendekatan, buat langkah yang lebih kecil dan lebih mudah digunakan dalam proses.
  • Rayakan, apapun hasilnya, tetap berharga untuk dirayakan dan kita wajib untuk selalu menghormati dan menghargai diri sendiri atas usaha yang telah kita lakukan. Perjalanan yang kita tempuh sama pentingnya dengan tujuan itu sendiri, karena itu nikmatilah waktu yang kita lalui ketika kita berhasil dengan langkah-langkah kecil kita.
3. Melangkah ke Depan
  • Sekolah memberi lebih banyak kesempatan untuk bekerja di kemudian hari
  • Temui guru pembimbing sekolah untuk berkonsultasi
  • Buka pikiran, tidak ada kata terlalu dini untuk membuka pikiran terhadap semua peluang hebat yang ditawarkan dunia. Jalani kehidupan, jelajahi sebanyak-banyaknya
  • Baca, baca, baca
  • Berselancar di dunia maya
  • Dapatkan pengalaman di dunia nyata

3 comments:

  1. Wah...rumahnya deket perpus da ya.. enak dumz. Kalo aku jauh, oper 2x, jd mending ke Sby sekalian, paling2 maen ke dtc. Bukunya bagus...aku py yg hampir sama ttg wanita dan karir jg. Tp beda pengarang.

    ReplyDelete
  2. Lho is kok diganti templetenya. kan bagus yg ijo. adem.

    ReplyDelete
  3. @uning:iya nih ning, templetnya tak ubah. tapi habis ini mo bikin yang kayak punyamu.hihihi

    ReplyDelete

silahkan memberi komentar