Tuesday, March 31, 2009

KEKUATAN LAMBAT LAUN

Aku menemukan artikel the power of gradual di zenhabbit, cara baru memandang sesuatu.

Pernah terpesona dengan sebuah foto? Bila pernah berarti kita punya kesenangan yang sama akan foto. Tapi bukan ini yang ingin aku bahas.

Aku ingin membahas foto dari sudut pandang berbeda, bukan dari pencahayaannya atau cara mengambil gambarnya. Aku melihat apa yang sebuah foto ajarkan kepada kita. Foto yang indah tersusun dari titik-titik warna yang berkumpul dan memposisikan diri di tempatnya masing-masing untuk mencipta sebuah gambar. Semakin banyak titik warna, semakin halus hasilnya. Tiap titik punya arti. Satu titikpun sangat berarti. Tanpanya, foto berkurang keindahannya.


Mewujudkan mimpi adalah proses mengumpulkan titik-titik warna agar terangkai gambar nyata yang indah. Titik warna adalah segala upaya kita untuk mewujudkan mimpi-mimpi.

Tetap bermimpi. Kumpulkan satu persatu titik-titik. Lambat memang. Tapi teruslah kumpulkan tiap titik. Bersiap-siaplah terkejut dengan banyaknya titik yang telah terkumpul.

Ada banyak hal yang harus dikerjakan dengan cara lambat tapi terus menerus. Biar usaha lambat laun bisa bikin cita-cita tercapai, ini dia beberapa hal yang ingin aku lakukan dan bisa kamu lakukan. Kadang aku harus mencatat dengan jelas apa yang harus aku lakukan. Biar runut, biar tidak ada yang terlupa, biar fokus juga. Ini dia daftarnya

1. Tulis mimpi-mimpi

Apa yang ingin dicapai, apa yang ingin didapat. Tulis semua. Mimpiku adalah punya penghasilan sendiri, bisa menulis tiap hari, bisa belajar tiap hari.

2. Tulis cara mewujudkannya

Tarik sebuah garis dari tiap-tiap mimpi, tulis cara untuk mencapainya. Tiga garis yang keluar dari ketiga mimpiku menuju satu tempat yaitu blogging. Kamu tidak harus sama denganku. Buat garismu sendiri, sesukamu.

3. Lakukan setiap hari

Keberhasilan adalah kumpulan dari langkah-langkah kecil. Setiap hari kamu harus melakukan sesuatu yang berkaitan dengan cara mewujudkan mimpi. Contohnya nih kegiatan blogging. Sabtu browsing untuk tujuh artikel, Minggu nulis tujuh artikel, tiap hari posting artikel dan jawab komen yang masuk, dua hari sekali blog walking dan ninggalin jejak kita disana. Ini contoh yang ekstrim ya, seolah-olah bisa tiap hari posting. Hihihihi

4. Lakukan kegiatan pendukung
Ada hal yang harus dilakukan sekali tapi sangat berarti. Kamu harus menyempatkan diri untuk melakukannya. Dalam kasusku ini contohnya: membuat templet yang cantik dan ramah komentar, pasang iklan, beli domain (belum bisa beli domain, kere nih, hihihi)

5. Rayakan keberhasilan

Mau besar, mau kecil, keberhasilan tetap harus dirayakan. Hargai setiap usaha. Kalo lagi punya uang, beli apa yang kamu inginkan sejak lama. Tapi kalo lagi tidak ada uang lakukan saja apa yang membuatmu senang tapi ga pake keluar uang banyak. Susah nyari contohnya, karena jaman sekarang segalanya pake duit. Contoh ini mungkin bisa membantu, misalnya maen game di komputer seharian, minum moccacino (moccacinonya minta papa, ga pake duit kan), ngobrol sama teman seharian, deelel.

6. Tetap semangat dan positive thinking
Kalo lagi males inget postingan ini, kalo lagi putus asa karena terus-terusan gagal inget juga postingan ini. Tiap hari tulis kata “ semangat” dan “positive thinking” di jurnalmu. Ini sebagai pengingat agar kamu bisa semangat dan positive thingking setiap saat. Inget juga, apa yang dilakukan hari ini berhubungan dengan keberhasilan kita nanti.

Sebenarnya ini adalah nasihat untukku, kawan. Bila tidak cocok dengan kondisi kamu, cuekin aja postingan ini.

Buat Uning, Putri, Ririn yang bernasib sama denganku, jadi “korban” Ahira. Cara-cara ini pasti juga cocok untuk kalian.

Jangan berprasangka buruk pada Ahira. Posting selanjutnya aku akan cerita perjalananku menjadi “korban” Ahira. So, main-main lagi kesini, baca postinganku selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

silahkan memberi komentar