Thursday, March 26, 2009

KESEIMBANGAN

Kangen...sudah lama tidak nulis blog ini. Pagi tadi tiba-tiba ingin nulis mind body and soul. Ini dia tulisannya, cekidot...

Aku jatuh cinta sejak pertama kali berkenalan dengan dunia “mind, body and soul”. Ketiganya membuatku mengenal diri sendiri, menyadari betapa ketiganya saling mempengaruhi dan membentuk sebuah keseimbangan. Mind dengan pemikiran logis dan sugestinya, body dengan metabolisme dan fungsi organnya, soul dengan kepasrahan dan kerendahhatiannya.

Ini adalah beberapa hal yang bisa menyeimbangkan ketiganya. Sebagian sudah saya lakukan sebagian lagi belum, tapi ingin saya lakukan :)

1. Body Mind Healing (BMH)

Secara bebas BMH diterjemahkan sebagai terapi kesadaran tubuh. Sebelum melakukannya, siapkan diri, suasana dan perasaan dahulu. Pakai pakaian yang nyaman, cari tempat yang nyaman. Posisinya bisa duduk bersila atau berbaring.

Tenangkan pikiran. Hirup nafas, rasakan perjalanan udara dalam saluran nafas kita. Ucapkan kata-kata positif dalam hati. Misalnya ‘saya merasa tenang’, ‘saya merasa bahagia’, ‘Tuhan, terimakasih untuk semua’.

Setelah perasaan menjadi tenang, lanjutkan ke bagian inti BMH

Aktivitas inti BMH adalah ngobrol sepuasnya dengan semua anggota tubuh. Mengucapkan terima kasih kepada mereka. Kamu bisa memulai dari bagian mana saja. Kalo saya sangat suka memulai dari otak “terima kasih otak, sudah membantuku mengatur semua bagian tubuh, terima kasih sudah membantuku menulis”. Lalu setelahnya aku akan mengunjungi jantung say thank you karena telah berdetak mengalirkan darah ke seluruh tubuh, setelah itu aku lanjutkan ke bagian-bagian yang lain, paru-paru, usus, lambung, rahimku, tangan, kakiku.

Ketika ada yang sakit aku akan lebih banyak meluangkan waktu untuk mengobrol dengannya. Bagian yang paling sering adalah tenggorokan. Aku akan meminta maaf pada yang sakit. Aku akan meminta maaf pada tenggorokan karena sering makan gorengan, malas makan buah. Lambungku juga sering sakit dan aku minta maaf karena sering makan tidak terkendali.

Berbicara sendiri seperti orang gila memang. Tapi coba deh, manfaatnya langsung terasa. Sakit cepat sembuh, hati juga lebih tenang. Bila kamu melakukannya di kamar atau tempat lain yang tidak memikat perhatian orang lain, tidak akan ada yang tahu bahwa kamu bicara sendiri.

2. Olah raga

Olah raga baik untuk tubuh, kamu pasti sudah tahu itu. Meningkatkan kecepatan metabolisme lemak, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, menguatkan otot jantung, dan mengatasi stress adalah beberapa manfaat olah raga. Tapi sayangnya banyak yang malas melakukannya. Termasuk yang nulis blog ini. Hehehe.

Berhubung timbunan lemak di perut dan lengan semakin menebal, saya terpaksa olah raga. Berbekal file video senam bajakan (hihihi…nggak mutu), aku senam seminggu 3 kali.

3. Makan sehat

Tubuh memerlukan makanan yang cukup. Tidak kurang, tidak pula berlebihan. Kebiasaan makan yang perlu dilakukan adalah: makan setelah lapar dan berhentilah sebelum kenyang, makan makanan bervariasi setiap hari, 50% menu setiap kali makan adalah sayur dan buah-buahan, banyak minum air putih, dan makan dengan hati senang.

Aku suka makan sampai kenyang, aku tidak suka sayur dan buah. Tidak sesuai dengan tulisanku.Hihihi. Tapi setelah ini aku belajar makan sehat karena sedang mempersiapkan kehamilan. Aku harus sehat bila ingin menjadi ibu. Kegemukan tidak baik untuk calon bayiku.

4. Berdoa

Penelitian menunjukkan berdoa, beribadah, sholat, sembahyang banyak manfaatnya. Saat berdoa kamu berharap Tuhan akan mengabulkan semua permintaan. Saat berdoa kamu memasrahkan segala hasil usaha yang telah dilakukan, terserah Tuhan memberikan apa. Harapan memberi energi lebih untuk meraih impian, percaya bahwa Tuhan akan mengabulkan mimpi-mimpi membuat hidup lebih hidup, pasrah membuat kamu lebih tenang.

Mulai berdoa. Berdoalah maka Tuhan akan mengabulkan.

5. Rendah hati

Sekaya apapun kamu, sepintar apapun kamu, seahli apapun kamu, sebaik apapun kamu, rendah hatilah. Semua yang kita miliki hanyalah titipan Tuhan yang akan diambil-Nya, kapanpun Dia mau.

Sangat kaya tidak berarti kamu boleh menghina yang miskin, pintar tak berarti kamu diijinkan merendahkan yang bodoh, ahli tak berarti kamu bebas menipu amatir. Semua titipan Tuhan seharusnya bermanfaat untuk kita dan untuk orang lain. Rendah hati dan berbagilah.

Rendah hati dan berbagi, hemm, aku perlu banyak belajar.

No comments:

Post a Comment

silahkan memberi komentar