Saturday, April 18, 2009

ikut co.cc


Aku mendeklarasikan blog ini sebagai tempat cerita my blogging activity. Ini dia ceritanya. Kemarin aku daftar ke domain gratisan co.cc. Setelah baca FAQ baru tau kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan :
1. blog lebih exclusive karena menggunakan nama yang spesifik,
2. gratis,
3. mudah untuk di set ke custom domain blogger, bila tertarik untuk memasang custom domain caranya liat di sini,
3. bila sudah mendaftar akan dapat 3 domain gratis tapi tidak sekaligus, bila sudah dapat satu domain dari co.cc harus konfirmasi ketersediaan lagi untuk minta domain yang lain,
4. bila memberikan donasi akan mendapat 100 domain gratis,
5. bila sudah mendaftar bisa ikut program referalnya.

Kekurangan :
1. tidak selamanya gratis :(, setelah satu tahun harus bayar ongkos domain. Tapi bila untuk coba-coba rasanya boleh juga, bila cocok bisa dilanjutkan, bila tidak, dihentikan juga tidak apa-apa.

Setelah menimbang silahkan memutuskan ingin mendaftar atau tidak. Bila memutuskan pakai domain co.cc masuk aja ke webnya co.cc. Bila tidak ingin memakai layanan ini coba saja program referralnya yang menawarkan dollar.

Buat yang suka gratisan ini program yang cucok banget. Domain gratis, hosting pake yang gratisan juga. Hosting pake punya blogger saja biar gratis. Ini caranya untuk mengubah alamat url blog dari namakamu.blogspot.com menjadi www.namakamu.co.cc.
1. Masuk ke webnya co.cc buat akun dengan cara mengklik creat an account now, isi data dengan benar.
2. Setelah punya akun klik tab getting a new domain, di kotak check availability ketik nama domain yang diinginkan, klik chek availability.
3. Bila domain yang diinginkan sudah available (ada), cek di inbox email info dari co.cc. Waktunya 2 hari untuk mengaktifkan domain. Bila tidak diaktifkan domain yang sudah dipilih akan hangus, diambil lagi oleh co.cc.
4. Sebaiknya segera diaktifkan. Dari email yang dikirim ke inbox kamu, klik manage domain, isi data, sign in, manage domain.

Domain sudah ada, tinggal mengganti url blog dengan domain baru dari co.cc
1. Bila belum punya blog, daftar saja ke blogger, gratis kok
2. Bila sudah Sign in ke akun blogger
3. Klik pengaturan>publikasikan>custom domain>beralih ke pengaturan lanjut, ketik nama domain (misal: www.namakamu.co.cc)
4. Sekarang beralih ke web co.cc. Pada domain setting di .co.cc terdapat tiga pilihan seting domain. Seting NS, Zone records, atau redirect. Untuk blogger custom domain gunakan setingan Zone Records. Pada kolom Add a record, kolom Host masukkan www dan secara otomatis akan berubah sendiri. Pada Type pilih CNAME record. Value isikan ghs.google.com
5. Blog sudah punya domain baru. Biasanya, satu jam setelahnya baru bisa resolve (berganti). Paling lama 48 jam untuk bisa resolve bisa

Selanjutnya tentang cara mengikuti referral co.cc dan bayaran yang ditawarkan.
Bila ingin daftar referral co.cc, ini dia caranya. Tapi tunggu dulu, apa keuntungan referral co.cc ? Co.cc memberi bayaran bila ada orang lain membuat domain melalui link pada blog kamu. 40% untuk domain berbayar dan $0,1 untuk domain gratis.

Ini caranya ikut referral co.cc
1. Masuk ke webnya co.cc
2. Pilih referral
3. Buat akun, kamu akan mendapatkan link dan kode html yang bisa ditempatkan di email dan blog, copy kode
4. masuk ke blog, klik tata letak, tambah widget, pilih html/javascript, paste kode dan simpan.

Berikut ini adala daftar istilah yang saya buat karena saya sering kesulitan dengan istilah-istilah IM di blog para senior, maklumlah newbie yang sangat newbie.

Daftar Istilah

Referral/Affiliate Program/Referral program
Sebuah model bisnis yang membayar komisi kepada seseorang yang berhasil mendapatkan penjualan untuk merchant (pemilik produk/jasa) melalui link khusus (kamus internet marketing Ahira)

Domain
Definisi alamat di internet, yang juga merujuk ke sebuah negara dimana situs web tersebut digunakan. Misalnya "co.id" untuk Indonesia. Sedangkan "co" atau "com" digunakan untuk lembaga komersial dan "net" untuk lembaga yang berhubungan dengan internet (kamus internet marketing Ahira)

Hosting
jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet (wikipedia)

Custom domain
Blog gratisan dengan nama sesuai yang kita inginkan. Misalkan nama blog namakamu.blogspot.com bisa diganti dengan www.namakamu.com

No comments:

Post a Comment

silahkan memberi komentar